Posted by: campungan | September 12, 2006

MARHABAN YA RAMADHAN

“Tiada kata yang mampu menggambarkan suasana hati ini tatkala bulan yang penuh kerahasiaan itu datang. Ibarat tamu agung yang selalu dirindukan oleh setiap perindu nur Ilahi. Sebuah kenikmatan tiada tara bagi setiap insan yang haus akan kasih sayang Ilahiyah, muara pengharapan terujung dan penggenggam hati setiap jiwa”

Ramadhan, sebuah kata yang mengingatkan kita pada suatu bulan yang penuh dengan segala rahasia kebaikan dan keutamaan. Bulan yang mampu mengubah orang-orang menjadi lebih tertata, lebih perduli terhadap lingkungan, dan bahkan lebih perduli terhadap akidahnya sendiri. Sungguh ajaib, dimana setiap orang berlomba-lomba menjadi shalih, berlomba-lomba untuk beramal, mempelajari islam, berlomba-lomba bersedekah, bahkan yang pada mulanya tidak pernah shalat, menjadi sangat rajin pergi ke mesjid untuk tarawih. Subhaanallah. Tak ada kata-kata indah yang sanggup mengungkapkan kenikmatan dan rahasia Ramadhan. Rahasia Allah yang diturunkan di bulan yang suci ini. Rahasia yang mampu mengubah segala lini kehidupan umat, seakan sebuah halte yang mengistirahatkan segala bentuk keburukan dan menjemput segala bentuk kebaikan yang ada di setiap jalan.

Namun, apakah Ramadhan hanya sebatas budaya seperti itu saja? Budaya dimana orang beramai-ramai sanggup meninggalkan kebiasaan buruknya dan menggantikannya dengan kebiasaan yang sesuai dengan semangat islam. Apakah Ramadhan hanya akan diartikan sebagai moment untuk merubah pribadi menjadi shalih, namun kenyatannya setelah Ramadhan meninggalkan kita, setiap pribadi akan kembali pada jalannya masing-masing. Pada jalan yang penuh dengan keburaman dan kemacetan?

Sudah saatnya untuk menjadikan Ramadhan sebagai titik tolak perubahan. Sudah saatnya menjadikan Ramadhan tidak hanya sekedar budaya semata, tapi menjadikannya sebagai bahan bakar yang akan mempertahankan mesin kita untuk menghadapi perjalanan panjang usai Ramadhan. Momentum Ramadhan adalah awal bagi seorang revolusioner. Awal bagi setiap insan untuk membentuk tidak hanya keshalihan pribadi, tetapi juga sanggup menjadi agen peubah bagi keshalihan orang lain. Sudah saatnya kita berbuat tanpa banyak bicara. Bergeraklah menuju keutamaan ramadhan! Agar setiap diri dapat merasakan kenikmatan dan hakikat Ramadhan. Agar setiap diri menjadi tangguh dalam menghadapi segala ujian kehidupan, dan agar setiap diri mampu menjadi karakter-karakter yang berkepribadian islam.

Tulisan ini dibuat dalam rangka menyambut Ramadhan



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: